Senam Hamil

Senam Hamil


1. DUDUK BERSILA

Sikap duduk ini adalah sikap duduk yang baik selama kehamilan, karena dengan sikap ini perut bagian bawah menekan perut ke dalam rongga panggul (beserta janinnya) sehingga kedudukan janin dalam kandungan tetap baik. Dengan posisi seperti ini, dilakukan gerakan pemanasan dengan menggerakan kepala menengok kekanan dan kekiri, miring kekanan dan kekiri. Sesudah itu tundukan kepala dan angkat kepala sambil menarik nafas, kemudian mengembuskannya. Lanjutkan dengan menaikan bahu kemudian menurunkannya kembali. Lakukan gerakan 8x hitungan.

Senam Hamil - Duduk Bersila

2. MEMUTAR LENGAN DAN MENGENCANGKAN PAYUDARA

Letakan jari-tangan dibahu. Meletakan dua lengan mejepit : Kedua payudara dan mengangkat payudara ke atas dengan kedua
siku tersebut. Lakukan gerakan ini dengan memutar lengan. Lepas perlahan-lahan kemudian lanjutkan dengan mengangkat kedua siku keatas dan kembali ke posisi  semula lakukan gerakan 8x.

Senam Hamil - Memutar Lengan Dan Mengencangkan Payudara

3. GERAKAN RELAKSASI

Posisi tidur miring kekanan, dengan kepala ditopang tangan atau bantal, kaki dibawah lurus, kaki atas ditekuk, tarik nafas dan hembuskan lewat mulut. Lakukan gerakan dengan mengangkat kaki atas setinggi pinggul, kemudian turunkan, lanjutkan dengan mengangkat kaki atas, tekuk ke arah perut dengan kaki bawah sejajar, luruskan dan kembali keposisi semula, ulangi semua gerakan dengan posisi miring kekiri. Masing-masing 8x.

Senam Hamil - Gerakan Relaksasi I
Senam Hamil - Gerakan Relaksasi II


4. GERAKAN PERGERAKAN KAKI DAN MENGANYUH

Posisi tubuh terlentang. Kedua kaki lurus tekanlah jari-jari kaki lurus ke
 bawah dan tekuk keatas kembali. Putar pergelangan kaki dari arah kanan kekiri dan sebaliknya. Lanjutkan pergerakan dengan kaki seolah-olah mengayuh sepeda dengan kedua tangan disisi samping untuk menahan. Lakukan gerakan masing-masing 8x.

Senam Hamil - Gerakan Pergerakan Kaki Dan Menganyuh

5. MENGANGKAT PANGGUL

Posisi tidur terlentang dengan kedua kaki ditekuk. Kedua tangan diletakan disamping untuk menahan badan. Tarik napas, tahan sambil mengencangkan otot panggul, tahan beberapa detik, lalu kembali keposisi semula sambil menghembuskan napas. Lakukan gerakan 8x.

Senam Hamil - Mengangkat Panggul

6. LATIHAN MEMBRAN

Posisi tidur terlentang, rangkul paha dengan tangan sampai siku. Lakukan dengan posisi miring kekiri dan kenan lanjutkan dengan posisi terlentang dan merangkul kedua paha dengan lengan sampai siku. Sambil menarik napas angkat kepala, pandangan keperut lalu hembuskan napas lanjutkan dengan pergelangan kaki. Lakukan 8x.

Senam Hamil - Latihan Membran

7. MELENTURKAN PUNGGUNG

Posisi merangkak, bahu sejajar dengan kedua lengan dibuka sejajar. Dengan membuka kaki, angkat punggung dan tundukan kepala, sambil menarik napas tahan beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula, pada posisi kembali otot punggung rileks. Ulangi gerakan sampai 8x.

Senam Hamil - Melenturkan Punggung

8. GERAKAN ANTI SUNGSANG

Posisi menungging. Tangan rileks disamping tubuh dan kedua kaki terbuka, ditekuk sejajar bahu. Letakan kepala dikedua tangan, turunkan dada perlahan-lahan sampai menyentuh kasur, kepala menolek ke samping kiri atau kanan. Letakan siku diatas kasur, geser sejauh mungkin dan tubuh kesamping. Ulangi gerakan sampai 8x.

Senam Hamil - Gerakan Anti Sungsang

3 comments:

Anonymous said...

Makasih ya senam hamilnya.
ini brmanfaat skali buat saya.!

di tunggu info2 selanjutnya.!

Siska Dita said...

apakah senam Ibu Hamil ini bisa dilakukan sendirian?
soalnya mau nyoba tapi masih ragu saya

bachtiar arif said...

keren, ada ilustrasi juga jadi nambah faham nih ^^. Bermanfaat banget artikelnya. btw kalo senam gitu harus pake baju senam khusus?. Kalo tau beli baju senam murah dimana yah? Makasih

Post a Comment