Komunikasi Terapeutik - Bab I

BAB I

a.    Latar Belakang

Pendidikan kesehatan merupakan proses perubahan perilaku terencana pada diri individu, kelompok/masyarakat untuk dapat lebih mandiri dalam mencapai tujuan hidup sehat. Pendidikan kesehatan tidak dapat diberikan kepada seseorang oleh orang lain, bukan seperangkat prosedur yang harus dilaksanakan atau suatu produk yang harus dicapai, tetapi sesungguhnya merupakan suatu proses perkembangan yang berubah secara dinamis, yang didalamnya seseorang menerima atau menolak informasi, sikap, maupun praktek baru yang berhubungan dengan tujuan hidup sehat.



Komunikasi senantiasa berperan penting dalam proses kehidupan, komunikasi merupakan inti dari kehidupan sosial manusia dan merupakan komponen dasar dari hubungan antar manusia. Banyak permasalahan yang menyangkut manusia dapat diidentifikasikan dan dipecahkan melalui komunikasi, tetapi banyak pula hal-hal ke dalam kehidupan manusia menjadi permasalahan besar karena komunikasi. Komunikasi pada hakekatnya adalah suatu proses sosial, dengan kata lain komunikasi adalah inti dari semua hubungan sosial.

b.    Maksud dan Tujuan

-    Tujuan umum
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Keperawatan Anak II Semester V.

-    Tujuan khusus
Untuk menambah wawasan mengenai bagaimana cara melakukan komunikasi dan memberikan pendidikan kesehatan pada anak dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar