Perawatan Pada Bronchopneumonia

Perawatan Pada  Bronchopneumonia


Apa bronchopneumonia  itu ?

Bronchopneumonia adalah infeksi saluran pernafasan akut yangmengenai paru-paru

Apa penyebab dari bronchopneumonia itu ?

1.    Bakterial : Bakteri
2.    Non bakterial
  • Virus
  • Jamur
  • Parasit

Nutrisi Pada Balita

Pengertian

Nutrisi adalah zat penyusun bahan makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme.

Jenis makanan anak balita menurut tingkat usia
  1. Untuk usia 1-3 tahun jenis makanan yang biasa diberikan adalah ASI atau susu formula, buah-buahan, sayuran, makanan kecil. Makanan dengan komposisi seperti orang dewasa dengan porsi kecil. Untuk 1 tahun 1/3 porsi orang dewasa. Makanan usia 1 tahun belum banyak berbeda dengan makanan waktu usia kurang dari 1 tahun. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa anak disapih lebih baik pada umur 2 tahun, sehingga pada umur diatas 1 tahun ASI masih diberikan pada anak.
  2. Untuk Usia 3-5 tahun jenis makanan yang biasa diberikan susu,buah-buahan. Pada dasarnya sama tetapi untuk usia 3 tahun setenah porsi orang dewasa. Pada umumnya makanan masih berbentuk lunak baik nasi, sayuran dan   lauk pauk. Seperti daging hendaknya dimasak sedemikian rupa dan lunak sehingga anak mudah mengunyahnya dan mencernanya. Setelah mencapai umur 3 tahun lebih banyak makanan padat sampai umur 5 tahun dan untuk kebutuhan protein sedapat mungkin didapat dari protein sumber hewani.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keadaan nutrisi pada balita
    1. Nafsu makan yang berubah-ubah
    2. Penyajian porsi makan yang terlalu besar
    3. Kurangnya orang tua mengajarkan memilih bahan makanan yang bernilai gizi baik
    4. Pengaruh kebiasaan jajan
    5. Kurang mampunya orang tua dalam menyusun makanan anak-anak
    6. Anak balita masih dalam periode transisi dari makanan bayi ke makanan dewasa jadi masih memerlukan adaptasi
    7. Masih belum dapat mengurus sendiri dengan baik dan belum dapat berusaha mendapatkan sendiri apa yang diperlukan untuk makanannya
    8. Ibu sering sedih mempunyai anak kecil lagi atau sudah bekerja penuh sehingga tidak lagi dapat memberikan perhatian kepada anak apalagi mengurusnya.   
    minum susu setiap hari


    Dampak kekurangan nutrisi pada balita

    Dampaknya akan terlihat pada pertumbuhan dan perkembangan anak, juga terhadap daya fikir anak. Kurangnya masukan nutrisi pada balita juga akan berpengaruh sekali terhadap daya tahan tubuh si anak, balita akan mudah terserang penyakit.

    Contoh menu untuk Balita
    Kelompok Gandum
    Meliputi satu potong roti, ½ cangkir nasi atau pasta, ½ gelas sereal masak dikombinasikan dengan sedikit sereal siap saji. Sajikan sebanyak 6 kali sehari.
    Kelompok Nabati
     Meliputi ½ gelas sayuran potong atau 1 gelas sayuran daun. Sajikan sebanyak 3 kali sehari.

    Kelompok buah-buahan
    Meliputi satu jenis buah, ¾ gelas jus buah murni, ½ gelas buah kaleng atau ¼ gelas buah kering. Sajikan sebanyak 2x sehari 
    Kelompok Susu 
     Meliputi satu gelas susu atau yogurt atau 2 ons keju. Sajikan sebanyak 2x sehari
    Kelompok daging
    Meliputi 2 sampai 3 ons daging lunak masak atau ikan, ½ gelas kacang kering masak. 1 ons daging dapat menggantikan 2 sendok makan mentega atau 1 butir telur. sajikan 2x sehari

    empat sehat lima sempurna

    Nutrisi Pada Anak Usia Sekolah

    1. Pengertian Nutrisi

    Nutrisi adalah zat-zat makanan yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, mem   bangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.
    Terdiri dari : Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dam air.

    nutrisi pada anak sekolah/></a></div><div style=

    Komunikasi Terapeutik - Bab I

    BAB I

    a.    Latar Belakang

    Pendidikan kesehatan merupakan proses perubahan perilaku terencana pada diri individu, kelompok/masyarakat untuk dapat lebih mandiri dalam mencapai tujuan hidup sehat. Pendidikan kesehatan tidak dapat diberikan kepada seseorang oleh orang lain, bukan seperangkat prosedur yang harus dilaksanakan atau suatu produk yang harus dicapai, tetapi sesungguhnya merupakan suatu proses perkembangan yang berubah secara dinamis, yang didalamnya seseorang menerima atau menolak informasi, sikap, maupun praktek baru yang berhubungan dengan tujuan hidup sehat.

    Komunikasi Terapeutik - Bab II Tinjauan Teoritis

    BAB II
    TINJAUAN TEORITIS
    A.    Pendidikan Kesehatan
    Pengertian
    • Pendidikan kesehatan sebagai sekumpulan pengalaman yang mendukung kebiasaan, sikap dan pengetahuan yang berhubungan dengan kesehatan individu, masyarakat dan ras. (Wood, 1926).
    • Dalam keperawatan, pendidikan kesehatan merupakan satu bentuk intervensi keperawatan yang mandiri untuk membantu klien baik individu, kelompok, maupun masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatannya melalui kegiatan pembelajaran, yang didalamnya perawat berperan sebagai pendidik.

    Komunikasi Terapeutik - Komunikasi Therapeutik

    B.    Komunikasi Therapeutik

    Pengertian
    Komunikasi therapeutik adalah komunikasi ditujukan untuk mengubah perilaku klien dalam pencapai tingkat kesehatan yang optimal. (Stuart. G.W. 1998).
    Komunikasi therapeutik adalah kemampuan atua keterampilan perawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap stres, mengatasi gangguan psikologis, dan belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain. (Northhouse, 1998).

    Tujuan
    Tujuan komunikasi therapeutik adalah :
    1. Realisasi diri, penerimaan diri dan peningkatan penghormatan diri.
    2. Kemampuan membina hubungan interpersonal yang tidak superfisial dan akan saling bergantung dengan orang lain.
    3. Peningkatan fungsi dan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan serta mencapai tujuan yang realistis.
    4. Identitas personal yang jelas dan peningkatan integritas diri.

    Komunikasi Terapeutik - Bab III Penutup

    BAB III
    PENUTUP

    Pendidikan kesehatan dan komunikasi therapeutik sangatlah penting dalam mengubah perilaku individu / masyarakatdi bidang kesehatan yang lebih optimal dan juga dapat membantu klien dapat beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan psikologis dan belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain. Pendidikan kesehatan merupakan suatu bentuk intervensi keperawatan yang mandiri untuk membantu klien baik individu, kelompok maupun masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan melalui kegiatan pembelajaran yang didalamnya perawat berperan sebagai pendidik.